Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari Pada tanggal 7 sampai 8 September 2017 bertujuan untuk menghasilkan Pembimbing Klinik (Preceptor) yang berkualitas dan kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan dan asuhan kebidanan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan. Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan kesehatan, kurikulum pendidikan pun mengalami pergeseran orientasi dengan berbasis pada kompetensi yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa melalui beberapa tahapan dalam proses pembelajaran yang harus dapat di ukur dan terarah pencapaian kompetensinya. Kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan kesehatan, hampir 60% waktu pembelajaran mahasiswa digunakan untuk memperoleh pengalaman praktik. Oleh karena itu pengalaman pembelajaran klinik harus dikelola secara efektif, dan harus didukung dengan kondisi/situasi belajar yang kondusif sehingga kompetensi yang diharapkan akan tercapai secara optimal.
Pelatihan ini diikuti oleh 51 peserta yang berasal dari BPM Dan 5 RSUD,RSUP Dr. Sardjito,RS Grasia dan RS Hardjolukito. Materi yang disampaikan selama 2 hari terdiri dari teori dan praktik yang disampaikan dan dipandu oleh narasumber yang kompeten antara lain :
- dr. Widyandana, MHPE,Ph.D
- Totok Harjanto, S.Kep, Ns, M.P.H
- DR. Esti Nugraheny, S.ST,M.Kes
MATERI PELATIHAN
1. | Konsep Pembelajaran Klinik | Download |
2. | Peran Dan Fungsi Pembimbing Klinik | Download |
3. | Konsep Perceptorship Dan Mentorship | Download |
4. | Konsep Ronde Kebidanan Dan Keperawatan | Download |
5. | Konsep Bed Side Teaching | Download |
6. | Preconference-Post Sonference | Download |
7. | Konsep Tutorial Klinik | Download |
8. | Evaluasi Pembelajaran Klinik | Download |
9. | Simulasi Metode Bimbingan Klinik | Download |